• Status Order
  • Tlp: +6288213382301
  • SMS/WA: +6288213382301
  • Line : @jhs0028q
Terpopuler:

Cara Memakai Dasi Panjang Untuk Kantoran dengan Benar

12 Maret 2017 - Kategori Blog

3 Cara Memakai Dasi Panjang Untuk Kantoran Dengan Benar
Bagi Anda yang bekerja di perusahaan resmi atau di kantoran, mengetahui cara memakai dasi panjang adalah wajib hukumnya. Jadi sebelum Anda berencana bekerja di kantoran, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tutorial cara memakai dasi panjang yang benar dan rapi. Jangan sampai kalah dengan anak sekolahan yang mayoritas sudah bisa memakai dasi sendiri. Perlu diketahui bahwa dasi panjang juga memiliki ukurannya tersendiri, yaitu dasi slim dengan ukuran 2 inch / 5 cm, dasi panjang standar 3 inch dan dasi panjang lebar ukuran 4 inch. Perbedaan signifikan setiap ukuran terdapat pada ujung pangkal dasi panjang.

 

Sejarah Perkembangan Dasi
Dasi sebagai aksesoris leher sudah eksis sejak zaman batu. Dasi dengan bahan kain mulai dikenalkan oleh bangsa Romawi Kuno. Saat itu dasi berfungsi untuk melindungi leher dan membuat leher tetap hangat akibat musim dingin. Penggunaan dasi pada masa itu menjadi pembeda tingkatan derajat. Orang berdasi menyimbolkan derajat dan kekuasaan yang tinggi.

Bentuk dasi berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Dasi dikenal dengan sebutan ruff pada masa Shakespeare, yaitu kain putih kaku berbentuk piringan besar. Di perancis, dasi dikenal dengan nama cravat. Cravat memiliki arti penduduk Kroasia. Cravat adalah sejenis sapu tangan dari bahan yang lebih halus dan tipis.

Penggunaan cravat lebih simpel dan tidak menimbulkan iritasi seperti dasi-dasi sebelumnya yang berbahan dari kain kaku. Pada saat itu, cara mengikat cravat dapat menjadi symbol tingkat kekuasaannya. Semakin sulit cara mengikatnya semakin tinggi derajat kekuasaannya.

Bahkan ada buku yang berisi 32 cara bagaimana mengikat dasi dari yang mudah sampai yang tersulit. Mengikat dasi bisa berjam-jam bagi yang mengutamakan penampilan. Banyak sekali kreasi ikat dasi saat itu yang bisa merepresentasikan kepribadian si pemakainya. Bahkan cravat menjadi benda symbol kemuliaan yang tidak bisa sembarang di sentuh.

 

Bagaimana Cara Memakai Dasi Panjang Untuk Kantoran dengan Benar
Memakai dasi tidak sekedar membuat sampul secara sembarangan. Ada ketentuan sendiri cara memakai dasi panjang yang benar. Tujuan pemakaian dasi adalah agar penampilan Anda terlihat lebih elegan, menarik dan juga trendy. Dengan penampilan maksimal, Anda akan merasa percaya diri dalam menghadapi orang lain dan inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis.

Cara memakai dasi panjang di bawah ini dapat membantu Anda dalam memudahkan dan mengkreasikan tampilan dasi Anda agar terlihat lebih fashionable. Cara memakai dasi panjang sangat trend di Indonesia. Ada banyak sekali cara memakai dasi panjang yang benar dan hasilnya rapi. Namun secara umum cara yang  dapat Anda lakukan sebagai berikut :

  1. Kaitkan dasi pada kerah kemeja Anda. Buatlah dasi sebelah kiri lebih panjang dari yang sebelah kanan.
  2. Silangkan dasi yang panjang dengan posisi yang panjang derada diatas yang pendek. Putar ke belakang sehingga tali yang pendek terlilit atau terpusat dan membentuk lingkaran.
  3. Kencangkan kaitannya dan masukan tali yang panjang kedalam lubang atau celah tengah masuk dari belakang sehingga posisi dasi yang panjang menjadi di atas tali pendek.
  4. Longgarkan lilitan yang melingkar agar ujung dasi panjang dapat masuk ke dalam lingkaran tersebut. Tinggal Anda ketatkan kaitannya senyaman mungkin. Jangan sampai terlalu kuat karena dapat mengganggu pernafasan Anda.

Demikianlah cara memakai dasi panjang secara umum. Masih banyak cara lainnya seperti balthus knot, kelvin knot, four in hand knot, half Windsor knot, nicky knot, oriental knot, bow tie, pratt knot, cafe knot, victoria knot, trinity knot dan masih banyak yang lainnya. Dengan mengetahui cara memakai dasi panjang yang benar, hari Anda terasa lebih menyenangkan.

Tags: , , , ,